LEMBAR PENGESAHAN
JURNAL HARIAN MAHASISWA PPL
STAI
Diponegoro Tulungagung Tahun Akademik 2014/2015
Oleh :
TAMAMI
NIM :
201180010142
NIMKO :
2011.4.080.0001.1.004694
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM
( STAI )
DIPONEGORO
TULUNGAGUNG
Tulungagung,13 Oktober 2014
Mengetahui,
Kepala MAN 3 Tulungagung
Drs. H. Slamet Riyadi, M. Pd.
NIP. 1964061919993031005
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MAN 3 TULUNGAGUNG
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan :
Madrasah Aliyah
Kelas / Semester :
XI IPA / 1 ( ganjil )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1x pertemuan )
|
Standar
Kompetensi :
Menyimak
1. Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja
Kompetensi dasar :
1.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) tentang remaja dan kesehatan
dengan tepat
1.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang remaja secara tepat
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa
mampu : Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai
wacana lisan tentang REMAJA.
B. Materi Pembelajaran :
Ø Dialog dengan judul :
{ مرحلة المراهقة
}
: انا قلق على ابنى زمام، لقد
اصبح يخرج من البيت متى شاء، ويرجع متى شاء، ولا يخبرنى بالمكان الذى يذهب اليه،
ولا بالأصدقاء الذين يذهب معهم، انا خائف عليه.
|
أب
|
: هذا شعور طبيعى، ولكن لا تنسى أن ابنك زمام أتـمّ
السادسة عشرة من عمره، وهو الأن فى
مرحلة المراهقة، ولا بد أن تعامله بحكمة.
|
عمّ
|
: كيف اعامله بحكمة ؟
|
أب
|
: يشعر زمام الأن بأنه رجل، يعرف ما ينفعه وما
يضرّه.
|
عمّ
|
: فى الحقيقة، أنا أعامله زمام كالطفل، افعل كذا !،
لاتفعل كذا! لاتقل كذا! قل كذا، البس كذا! ولاتلبس كذا!
|
أب
|
: هذا أسلوب غير سليم فى التربية، معملة الشبّاب
تختلف عن معاملة الأطفال، سيبعد زمام عنك
|
عمّ
|
: هذا ما حدث فعلا، فهو يقضى معظم الوقت مع اصدقاء،
ولا أراه الاّ قليلا
|
أب
|
: غيّر أسلوبوك مع ابنك، تجاور معه، واحترم أراءه،
وسيعود اليك.
|
عمّ
|
: جزاك الله خيرا ياعمّ زمام.
|
أب
|
C. Metode :
Ø Inkuiri
Ø Diskusi
D. Langkah Pembelajaran :
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA /
SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
Ø Guru mengucapkan salam sebagai pembuka
pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
Ø Guru menyampaikan informasi tentang materi
yang akan disampaikan, meliputi : Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
|
Pengalaman pribadi
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
Ø Mendengarkan wacana lisan menggunakan
berbagai media.
Ø Menyebutkan kata-kata yang didengar
Ø Mencocokkan gambar dengan ujaran yang
didengar
Ø Menuliskan beberapa kata yang didengar
dengan bantuan guru
Ø Menentukan benar atau salah ujaran yang didengar
Ø Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan
berbagai media (guru atau hp)
Ø Mendiskusikan isi wacana lisan
Ø Menuliskan isi wacana lisan secara umum
Ø Memaparkan isi wacana lisan secara umum
|
Guru
/ Buku Paket
Kartu kata
|
||
3
|
Penutup
|
1 menit
|
|
Ø Guru memberikan pertanyaan lisan / soal
latihan hasil belajar
Ø Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
Ø Guru bersama siswa merefleksi proses
pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi : kelemahan dan kelebihan,
perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Ø Guru memberikan bahan materi pertemuan
minggu depan hiwar tentang remaja
|
Instrumen latihan
|
E. Sumber / Bahan /Alat Belajar :
Ø Guru
Ø Buku terampil Bahasa
Arab 2 MA
Ø Modul Hikmah Bahasa Arab
Ø Kamus Al-munawir / Kamus Mutarjim
F.
Penilaian :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
Ø
Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau
kalimat yang didengar
Ø
Melengkapi kalimat dengan kata yang
disediakan
Ø
Menentukan benar / salah ujaran yang
didengar
Ø
Menentukan tema dari wacana lisan
Ø
Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
Ø
Mengungkapkan kembali informasi rinci dari
wacana lisan.
Ø Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit
|
Tugas indivi du (menyi mak dialog)
Tugas Kelompok
(menentu kan tema, ide pokok,
menulis informasi rinci dan
mengidenti fikasi kosa kata sulit)
|
Tulis
(Ulangan
harian)
|
1. Lengkapi kalimat dengan kata yang disediakan !
2. Tentukan benar / salah ujaran yang didengar
3. Tentukan tema dari wacana lisan
4. Tentukan ide pokok dari wacana lisan.
5. Ungkapkan kembali informasi rinci dari
wacana lisan.
|
1.
Teknik, bentuk, dan instrumen penilaian
No
|
Kegiatan yang
dinilai
|
Skala kualitatif
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Ketepatan mencocokan
|
|||||
2
|
Menemukan ide
|
|||||
3
|
Ketepatan jawaban
|
|||||
4
|
Ketepatan mengidentifikasi kosakata baru
|
Skor penilaian :
A
: Amat Baik (76-100)
B
: Baik (51-75)
C
: Cukup (26-50)
K
: Kurang (0-25)
2.
Instrumen
Penilaian
أ). أجب
عن الأسئلة وقفا بما إستمعت !
|
|
والد
زمام
قلق خائف عليه، لماذا ؟
|
1.
|
لماذا
والد زمام لا يشعر الا قليلا ؟
|
2.
|
كم
عمر زمام الأن ؟
|
3.
|
ماذا
يشعر زمام الأن ؟
|
4.
|
كيف
يعامل الأب ابنه زمام ؟
|
5.
|
الأجوبات :
لقد اصبح يخرج من البيت متى شاء،
ويرجع متى شاء، ولا يخبرنى بالمكان الذى يذهب اليه، ولا بالأصدقاء الذين يذهب معهم
|
1.
|
فهو يقضى معظم الوقت مع اصدقاء
|
2.
|
أتـمّ السادسة عشرة
|
3.
|
يشعر زمام الأن بأنه رجل، يعرف ما ينفعه وما يضرّه
|
4.
|
هو يعامل زمام كالطفل
|
5.
|
ب) أكتب ما سمعت فى كراستك !
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
Mengetahui
Guru
Pamong
Rita
Ratnawati, S.Pd.I
NIP. 197507172007102008
|
Tulungagung,
13 Oktober 2014
Guru
PPL Bahasa Arab
Tamami
NIM :
201180010142
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MAN 3 TULUNGAGUNG
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Kelas / Semester :
XI IPA / 1 ( ganjil )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1x pertemuan )
|
Standar Kompetensi
2. Kalam / Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk dialog
tentang remaja
Kompetensi Dasar
2.1 Menyampaiakan
gagasan secara lisan sesuai konteks dengan lafad yang tepat tentang العلاقة بين الأباء والأبناء
2.2 Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang
العلاقة بين
الأباء والأبناء
A.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menerjemahkan percakapan
العلاقة بين الأباء والأبناء ke dalam bahasa indonesia
2.
Bertanyajawab secara
berpasangan dalam hiwar tentang العلاقة بين الأباء والأبناء
3.
Menceritakan keadaan
/ kegiatan sesuai hiwar العلاقة بين الأباء والأبناء
4.
Menjawab pertanyaan sesuai
hiwar
العلاقة بين الأباء والأبناء
B.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu bertanyajawab
secara berpasangan dengan kata yang disediakan
2.
Siswa mampu bertanyajawab
secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif yang diprogramkan
3.
Siswa mampu bertanyajawab
secara berpasangan dalam hiwar
4.
Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai bacaan
5.
Siswa mampu menceritakan keadaan / kegiatan sesuai bacaan
6.
Siswa mampu menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna.
C.
Materi Pembelajaran :
Bacaan tentang العلاقة بين الأباء والأبناء yang ada dalam buku trampil
Bahasa Arab kelas XI MA
{ العلاقة بين الأباء والأبناء
}
: أفكر كثيرا فى موضع العلاقة بين الأباء والأبناء، او بين
الشباب والشيوخ، انّه وضوع مهم
|
خالد
|
: اختلف معك ياخالد، هذا موضوع غير مهمّ، لأنّ دور الشيوخ
قدانتهى فى الحياة، يجب أن يعتمد
المجتمع على الشباب وحدهم.
|
اسحاق
|
: أتفق مع خالد فى أهمية الموضوع، وأختلف مع اسحاق، ورأيى أنّ
المجتمع يحتاج الى قوّة الشباب وتجربة الشيوخ معا
|
حسن
|
: لكنّ الشيوخ يريدون فرض أرائهم على الشباب فى كلّ شيئ، فى
اختيار الأصدقاء والزوجة ونوع الدراسة، بل وحتّى فى الملابس التى يلبسونها
|
اسحاق
|
: للشيوخ أراء، وللشباب أراء، ويجب أن يحترم كلّ فريق أراء
الفريق الأخر.
|
خالد
|
: أبى يعاملنى معاملة الأطفال، ولا يسمع الىّ، ولا يتجاور معى
|
اسحاق
|
: ابى يعلّمنى معاملة الأصدقاء، يستمع الىّ، ويجاورنى، ويحترم
أرائ، وأتبع نصائحه.
|
حسن
|
: هكذا تكون العلاقة بين الشباب والشيوخ.
|
خالد
|
D.
Model / Metode Pembelajaran
a.
Model : Pembelajaran Kooperatif (Learning community)
b.
Strategi : Siswa aktif
c.
Metode : Ceramah, Tanya jawab
E.
Langkah-langkah pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter
|
1.
|
Kegiatan awal
Apersepsi:
Dalam kegiatan apersepsi,
guru :
Ø Salam,
danabsensi
Ø Menampilkan beberapa gambar yang terkait dengan
tema
Guru memberi Motivasi :
Dalam kegiatan memotivasi, guru :
Ø Menyampaiakan tujuan pembelajaran
Ø Menjelaskan pentingnya materi العلاقة بين الأباء والأبناء yang
akan dipelajari
|
10 menit
|
Religius,
disiplin, terbuka.
|
2.
|
Kegiatan inti
Eksplorasi :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
Ø Memfasilitasi terjadinya interaksi antara
peserta didik dengan peserta didik lain. Serta antar peserta didik dengan
guru
Ø Melibatkan peserta didik secara aktif
Elaborasi :
Dalam kegiatan elaborasi,
guru :
Ø Membentuk kelompok yang anggotanya 4
orang secara heterogen (campuran menurut jenis kelamin)
Ø Menyajikan pelajaran :
a.
Mengucapkan mufradat diikuti oleh siswa
b.
Guru membacakan hiwar dengan baik dan benar
c.
Guru menyuruh siswa berdiri berhadapan bergantian untuk mempraktekkan
hiwar dan menerjemahkannya
d.
Guru mempersilahkan siswa untuk maju mempraktikkan
e.
Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
Konfirmasi:
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru :
Ø Mengoreksi hasil kerja siswa dengan cermat
dan teliti
Ø Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan
hal-hal belum diketahui
|
60 menit
|
Demo kratis, bernalar, tanggung jawab, rasa
ingin tahu
Terbuka,
tanggung jawab, disiplin, sportif, saling meng hargai,
Cermat, teliti,
tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø Melakukan penilaian terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (reward)
Ø Do’a bersama-sama (religius)
Ø Memberikan pesan (motivasi)
Ø Memberitahukan materi dengan setandar kompetensi
Qiro’ah tentang remaja
Ø Salam (religius)
|
10 menit
|
Bernalar,
disiplin, terbuka, gigih, demo kratis
|
F.
Sumber Belajar, media :
Ø LKS Al Hikmah Bahasa Arab Kelas XI semester ganjil hal 7
Ø Buku terampil ARAB 2
Ø
Kamus Al-munawir / Kamus Mutarjim
Ø Media kelompok 1
G.
Penilaian :
1.
Teknik, bentuk, dan instrumen penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
1.
Menerjemahkan bacaaanالعلاقة بين الأباء والأبناء ke dalam bahasa indonesia
2.
Bertanyajawab secara
berpasangan dalam hiwar
3.
Menceritakan keadaan
/
kegiatan sesuai hiwar
4.
Menjawab pertanyaan sesuai
hiwar
|
Tugas kelom pok,
Tugas individu
|
Bacaan,
Suara
|
Teks bacaan, teks soal
|
No
|
Kegiatan yang dinilai
|
Skala kualitatif
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Ketepatan
intonasi
|
|||||
2
|
Kelancaran
|
|||||
3
|
Ketepatan
jawaban
|
|||||
4
|
Kelancaran
menjelaskan isi hiwar
|
Skor
penilaian:
A : AmatBaik (76-100)
B : Baik (51-75)
C : Cukup (26-50)
K : Kurang (0-25)
2.
Instrumen Penilaian
أ) ترجّم الى اللغة الإندونسى الحوار السابق !
.....................................................
.....................................................
.....................................................
ب)
إملاء الفراغ وقفا للحوار السابقة
{ العلاقة
بين الأباء والأبناء }
: أفكر ......... فى موضع العلاقة بين الأباء والأبناء،
او بين الشباب والشيوخ, انّه ......... مهمّ
|
خالد
|
: ......... معك ياخالد، هذا موضوع غير مهمّ، لأنّ .........
انتهى فى الحياة، يجب ......... على الشباب وحدهم.
|
اسحاق
|
: أتفق مع خالد فى......... وأختلف مع اسحاق، ورأيى أنّ المجتمع
......... الى قوّة الشباب وتجربة الشيوخ معا
|
حسن
|
: لكنّ الشيوخ يريدون ......... على الشباب فى كلّ شيئ، فى
اختيار الأصدقاء والزوجة ونوع الدراسة، بل وحتّى ......... التى يلبسونها
|
اسحاق
|
: للشيوخ أراء، وللشباب أراء، ويجب ......... أراء الفريق الأخر.
|
خالد
|
: أبى يعاملنى......... ولا يسمع الى، ولا يتجاور معى
|
اسحاق
|
: ابى ......... معاملة
الأصدقاء، يستمع الىّ, و.........
ويحترم أرائ، وأتبع نصائحه.
|
حسن
|
: هكذا تكون......... بين ......... والشيوخ.
|
خالد
|
كثيرا- موضوع
|
اختلف - دور الشيوخ - أن يعتمد المجتمع
|
أهمية الموضوع - يحتاج
|
فرض أرائهم- فى الملابس
|
أن يحترم كلّ فريق
|
معاملة الأطفال
|
يعلّمنى -
يجاورنى
|
العلاقة -
الشباب
|
ب) أكتب ما سمعت فى كراستك !
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
Mengetahui
Guru
Pamong
Rita
Ratnawati, S.Pd.I
NIP.
197507172007102008
|
Tulungagung,
13 Oktober 2014
Guru
PPL Bahasa Arab
Tamami
NIM : 201180010142
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MAN 3 TULUNGAGUNG
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan
Pendidikan :
Madrasah Aliyah
Kelas /
Semester : XI
IPA / 1 ( ganjil )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1x pertemuan )
|
Standar Kompetensi
3. MEMBACA / QIRO'AH
Memahami
berbagai ragam teks tulis dalam bentuk
gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan
membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مرحلة المراهقة
Kompetensi Dasar
3.1
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang مرحلة المراهقة serta menentukan kalimat berstruktur : na’at man’ut
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa :
1. Siswa dapat membaca bacaan tentang مرحلة المراهقة dengan tekanan dan intonasi yang benar
2. Siswa dapat memahami isi bacaan tentangمرحلة المراهقة
3. Siswa mampu menerjemahkan bacaan tentang مرحلة المراهقة
4. Siswa menemukan kalimat yang menggunakan struktur
na’at man’ut
B.
Materi
Pembelajaran
Bacaan tentang مرحلة المراهقة
} مرحلة
المراهقة {
ألقَى الشيخ احمد مُحاضَرةً عامَّة أمام المراهقين
والمراهقة فى القاعة تحت موضوع (مرحلة المراهقة ). ومن أقواله : بلغتم الأن مرحلة
المراهقة ، وهى مرحلة بعد مرحلة الطفولة. وهى مرحلة مهمة فى حياتكم وفى بناء أجسامكم وعقولكم وفى
تحقيق أمالكم فى مستقبل الحياة. تنمو أجسامكم فى هذه المرحلة نموا سريعاً. فيحسن
بكم أن تأكلو الطعام الطيّب وتتمرّنوا بالرياضة البدنية المنظمة وتنمو كذالك
عقولكم فى هذه المرحلة نموا سريعاً. لا بد لكم أن تنظموا أعمالكم فى حياتكم،
وتقسموا أوقتكم بين العمل والرّحة وبين الرياضة و الدراسة. ولا تقضوا أوقاتكم بطول
السهر وغير ذالك من الأعمل غير النافعة لمستقبل حياتكم.
قال الشيخ مصطفى
الغلايينى فى كتابه موعظة الناشئين : يا معشر الناشئين أنتم شبان اليوم ورجال
الغدّ، إن فى أيدكم أمرا لأمة وفى أقدامكم حياتها، لذًا يجب ان يهتم الوالد بتربية
المراهقين والمراهقة ويزودهم بالعلوم النا فعة و يأمرهم بالأعمال الصالحة والأخلاق
الكريمة. ويجب على المراهقين والمراهقات أن يملكوا امالا رفيعةً فى مستقبل الحياة،
منهم من يريد أن يكون طبيبا ليعالج المرضى فى المشتشفيات ومنهم من يتمنى أن يكون
مهندسا ليبنى البيوت والعمارات والمدارس والأسواق و الشوارع والجسور .
ومنهم من يحب ان يكون مدرسا او محاضرا ليعلم الطلاب
والطالبات فى المدارس اوالجامعات .ومنهم من يتمنى ان يكون صحفيا ليكتب فى مثكلات
المجتمع. والمراهق الأخر يفضل ان يكمل دراسته فى جامعة دينية ليكون داعيا مشهورا
لإسلام. ومنهم من يفضل ان يكون محاميا. ومنهم من يختار ان يكون لا عبا مشهورا فى
كرة القدم. يتحدث عنه الناس فى العالم
ويكتب عنه الصحفيون فى الجرائد.
C.
Model
/ Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan :
CTL
b.
Model : Pembelajaran Kooperatif
(Learning community)
c.
Strategi : Siswa aktif
d.
Metode : Ceramah, Tanya jawab,
demontrasi, penemuan
terbimbing.
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Karakter
|
Waktu
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi:
Ø
Guru mengecek kehadiran siswa
Ø
Menanyakan kepada siswa
tentang مرحلة المراهقة dan mengaitkan dengan kehidupan mereka
sesuai dengan usia mereka saat ini
Ø
Menjelaskan informasi tentang
materi dan tujuan pembelajaran
|
Religius, disiplin, tanggung
jawab,
terbuka.
|
10
|
v Kegiatan inti
Eksplorasi
Ø Guru mengadakan review terkait materi tentang na’at man’ut
Ø Siswa dibagi kedalam 6 kelompok
Ø Siswa membaca bacaan tentang مرحلة المراهقة
Ø Siswa diminta beberapa siswa untuk membaca bacaan secara nyaring
Ø Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan mufrodat yang belum diketahui
Elaborasi
Ø Siswa secara berkelompok menerjemahkan bacaan
Ø Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan mereka
Ø Siswa diminta untuk
mengidentifikasi ide pokok yang ada dalam qira'ah
Ø Guru meminta menjawab beberapa soal terkait dengan qiroah yang telah dibahas
Ø
Siswa saling menilai hasil pekerjaan teman
Konfirmasi
Ø Siswa bertanyajawab
dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas
|
Demokratis, bernalar,
gigih,
terbuka, tanggung
jawab,
rasa ingin
tahu
Tanggung
jawab, disiplin, sportif,
|
60
|
v Kegiatan penutup.
Ø Guru memberikan pesan moral (sesuai dengan karakter yang ingin
dikembangkan)
Ø Memberikan tugas pengayaan
Ø Memberikan tugas mempelajari Kitabah tentang remaja
|
Bernalar, disiplin,
|
10
|
E.
Sumber
Pembelajaran
Ø Buku paket Bahasa Arab
kelas XI
Ø Lembar Kerja Siswa
Ø Kamus Bahasa Al-munawir / Kamus Mutarjim
F.
Assessment
/ Penilaian
1.
Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Ø Dapat membaca bacaan tentangمرحلة المراهقة
dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca
Ø Mampu mengidentifikasi makna / ide pokok yang ada dalam wacana / bahan
qira'ah
Ø Mampu mengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana
Ø Menjawab
berbagai pertanyaan tentang isi / bahan qira'ah dengan tepat dan benar
Ø Menentukan na’at dan man’ut dalam berbagai kalimat dengan tepat
Ø Membuat kesimpulan tentang isi qira'ah sesuai dengan bahasa siswa
|
Tugas individu
|
Tes lisan, presentasi
|
Pasang kan gambar
dengan kata yang telah disediakan. Lalu deskripsi kan gambar tersebut dengan
menyusun beberapa kalimat.
|
2.
Keterampilan
membaca nyaring.
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Aspek Penilaian
|
Total Skor
|
Ketuntasan Tindak
Lanjut
|
||||||
Kelancaran
|
Akurasi
|
Pelafalan
|
Intonasi
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
Deskripsi
Aspek Penilaian
|
Deskripsi
|
Skor
|
Kelancaran
|
Sangat lancar
|
4
|
Lancar
|
3
|
|
Lancar, tetapi masih tersendat
|
2
|
|
Sering tersendat
|
1
|
Akurasi
|
Semua ucapan dipahami
|
4
|
Sebagian besar ucapan sudah dapat dipahami
|
3
|
|
Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami
|
2
|
|
Semua ucapan tidak dapat dipahami
|
1
|
|
Pelafalan
|
Semua ucapan benar
|
4
|
Sebagian besar ucapan benar
|
3
|
|
Sebagian kecil ucapan sudah benar
|
2
|
|
Hampir semua ucapan tidak benar
|
1
|
|
Intonasi
|
Tekanan / irama semua kata, frasa, kalimat benar
|
4
|
Tekanan / irama sebagian besar kata benar
|
3
|
|
Tekanan / irama sebagian kecil kata benar
|
2
|
|
Tekanan / irama semua kata salah
|
1
|
3.
Instrumen
Penilaian
أجب عن
الأسئلة الاتية!
1
|
متى
تأتى مرحلة المراهقة ؟
|
2
|
لماذا
مرحلة المراهقة مرهلة هامّة فى حياتكم؟
|
3
|
ما
معنى مرحلة المراهقة ؟
|
4
|
ماذا
ستكون فى المستقبل؟ (أن+ فعل) jawaban memakai
|
الأجوبات :
۱
|
وهى مرحلة بعد مرحلة الطفولة
|
2
|
لأنها بناء أجسامنا وعقولنا
وفى تحقيق أمالنا فى مستقبل الحياة
|
3
|
تنمى أجسامنا فى هذه المر حلة نموا سريعاً
|
4
|
يحبّ أن أكون من خدماء الله
|
Mengetahui
Guru
Pamong
Rita
Ratnawati, S.Pd.I
NIP.
197507172007102008
|
Tulungagung,
13 Oktober 2014
Guru
PPL Bahasa Arab
Tamami
NIM :
201180010142
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MAN 3 TULUNGAGUNG
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Tema : الإضافة النعت و المنعوت
Satuan
Pendidikan :
Madrasah Aliyah
Kelas /
Semester : XI
IPA / 1 ( ganjil )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1x pertemuan )
|
Standar
Kompetensi
4.
Menulis
Mengungkapkan
informasi secara tertulis bebentuk paparan atau dialog tentang remaja
Kompetensi Dasar
4.1 Menulis kata frasa dan
kalimat dengan huruf ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat
dengan menggunakan kata, frasa dan struktur yang benar
A.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu :
1.
Menganalisa
struktur kalimat yang terdiri dari الإضافة - النعت و المنعوت
2.
Memahami
makna kalimat dengan struktur kalimat yang terdiri dari
الإضافة - النعت و المنعوت
3.
Menentukan
kata dalam kalimat atau bacaan yang
menggunakan pola
الإضافة - النعت و المنعوت
4.
Menyusun
kata acak menjadi sebuah kalimat sempurna dengan struktur kalimat yang terdiri dari
الإضافة - النعت و المنعوت
B.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengalami proses belajar peserta
didik dapat :
1.
Menentukan
الإضافة - النعت و المنعوت dalam
susunan kalimat yang sempurna dengan benar
2.
Menyusun
kalimat yang sempurna dengan menyertakan الإضافة - النعت و المنعوت dalam
kalimat tersebut
3.
Menerjemahkan
kalimat yang menggunakan struktur kalimat
الإضافة - النعت و المنعوت di dalamnya
4.
Menerapkan
kosa kata, struktur kalimat dan ungkapan-ungkapan dalam percakapan dan tulisan.
C.
Materi Ajar
{ الإضافة - النعت و المنعوت
}
Perhatikan contoh-contoh berikut :
امثلة النعت و المنعوت
- أَتَمَنَّى أَنْ أُكَمِّلَ
دِرَاسَتِى فِى كُلّيَةِ التّرْ بِيَةِ بِقِسْمِ اللُّغَةِ لِأَ كُوْنَ مُدَرَّسًا
نَاجِحًا
- فَيَحْسُنُ بِكُمْ أَنْ تَأْكُلُو الطَّعَامَ الطَّبِيْبَ
- الدُكْتُور إِبْرَاهِمْ طَبِيْبٌ مَشْهُوْرٌ فِى هَذِهِ
المَدِيْنَةِ
- السيدة عائشة طَبِيْبٌةٌ مَشْهُوْرٌةٌ فِى هَذِهِ القرية
- أَتَمَنَّى أَنْ أَكُوْنَ لاَعِبًا
مَعْرُوْفًا فِى كُرَّ ةِ القَدَمِ
- يمشى ولدان صغيران
- الْمُؤْمِنُونَ المُخْلِصُونَ يُحِبُّهُمْ اللهُ
- الطَّالِبَاتُ الْمُجِدَّاتُ يُحِبُّهُنَّ الْمُدَرَّسُ
- فى المكتبة كتب متنوّعة
Keterangan :
Ø Na’at adalah kata yang menunjukkan sifat isim sebelumnya,
selanjutnya isim yang disifati itu disebut man’ut
Ø Na’at harus sesuai dengan man’utnya dalam hal :
a.
Muannats
dan mudzakarnya. Jika man’utnya muannats, maka na’atnya juga muannats. Demikian
juga apabila man’utnya mudzakkar maka na’atnya juga mudzakkar
b.
Ma’rifat
dan nakirahnya. Jika man’utnya ma’rifat, maka na’atnya juga ma’rifat. Demikian juga
apabila man’utnya nakirah maka na’atnya juga nakirah
c.
Mufrad,
Tasniyah dan Jamaknya. Jika man’utnya mufrad, maka na’atnya juga mufrad. Demikian
juga apabila man’utnya tasniyah maka na’atnya juga tasniyah, begitu juga dengan
jama’.
d.
I’robnya
( rofa’, nasab, jarnya)
Ø Apabila isim jamak yang disifati itu tidak berakal, maka na’atnya berupa
isim mufrad yang muannats
امثلة الإضافة
ذهب عمر الى
طبيب الأسنان
|
3
|
فحص طبيب الأسنان عمر
|
1
|
وسبب ذالك
زيادة الوزن
|
4
|
نصح الطبيب
المريض بتناول الدواء
|
2
|
Keterangan :
1.
Idhofah
terdiri dari mudhof dan mudhof ’ilaih
2.
Mudhof
adalah isim yang dihubungkan (disandarkan) kepada isim sesudahnya
3.
Mudhof
ilaih adalah isim yang datang (terletak) sesudah mudhof
4.
Mudhof
harus dibuang alif dan lamnya ketika diidhofahkan jika mudhof tersebut sebelumnya
dimakrifatkan dengan alif dan lam. Mudhof harus di buang tanwinya apabila sebelum
di idhofahkan mudhof itu ditanwin
5.
Mudhof
mendapat kedudukan I’rob sesuai dengan kedudukan dalam kalimah
6.
Mudhof
ilaih selamanya majrur
D. Metode dan model pembelajaran
1.
Metode :
Kooperatif, tanya jawab, penugasan
2. Model Pembelajaran : Student Centred Model (SCM) terfokus kepada
peserta didik.
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru masuk dan langsung menyapa dengan menggunakan
bahasaArab agar بيئة اللغوية dapat langsung tercipta pada pertemuan pertama.
b.
Guru
menyapa siswa dengan menggunakan kalimat" نهارك سعيد ايها الطلاب "
c.
Guru
memastikan peserta didik merespon dengan jawaban "
سعيد المبارك "jika siswa
belum merespon, pelajaran tidak akan dilanjutkan
|
10 menit
|
Religius,
disiplin, tanggung jawab, terbuka.
|
2.
|
Kegiatan inti
Eksplorasi:
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
Ø Memfasilitasi
terjadinya interaksi antara peserta didik dengan peserta didik lain. Serta
antar peserta didik dengan guru
Ø Melibatkan
peserta didik secara aktif
Ø Membentuk
kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen (campuran menurut jenis
kelamin)
Elaborasi:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø Menyajikan
pelajaran:
a.
Guru
menjelaskan materi
الإضافة - النعت و
المنعوت
b.
Peserta
didik mengamati kosa kata yang dipaparkan guru dalam sebuah kalimat sempurna
c.
Peserta
didik mengamati contoh pemakaian الإضافة - النعت و المنعوت tersebut
dalam kalimat
d.
Peserta
didik menanyakan kosa kata baru yang belum diketahui maknanya.
e.
Peserta
didik mengikuti permaianan pilih pasangan الإضافة - النعت و المنعوت
f.
Peserta
didik bersama guru menilai apakah pasangan masing-masing temannya benar
g.
Peserta
didik secara berkelompok menjawab beberapa latihan soal yang diberikan
h.
Peserta
didik menjawab dan mempresentasikan hasil jawaban yang akan dinilai bersama
denga guru
Konfirmasi
:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal belum diketahui
Ø Memberikan
motivasi terhadap peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi secara aktif
|
60 menit
|
Demokratis,
bernalar, gigih, terbuka, tanggung jawab, rasa ingin tahu
Tanggung jawab,
disiplin, sportif, saling menghargai,
Kreatif, aktif,
tanggung jawab, demokratis
|
3.
|
Kegiatan
penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
Ø Memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum difahami
Ø Melakukan
penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram (reward)
Ø Merefleksi
materi yang telah dipelajari melalui penegasan dan tanya jawab sebagai
kesimpulan akhir
Ø Guru menginformasikan materi yang akan dibahas
pada pertemuan selanjutnya, dan siswa diberi tugas untuk pembelajaran
selanjutnya.
Ø Do’a
bersama-sama (religius)
|
10 menit
|
Bernalar, terbuka,
gigih, demokratis
|
F.
Sumber / materi Pembelajaran
a.
Buku paket terampil bahasa arab 2
b.
LKS siswa
c.
Kamus Bahasa Al-munawir / Kamus Mutarjim
G. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Ø
Mengidentifikasi susunan naat man’ut dalam
bacaan
Ø
Dapat menerjemahkan kata
yang mempunyai susunan na’at man’ut
Ø
Menuyusun kalimat sempurna
dengan menyertakan na’at man’ut dalam kalimat
|
Tugas individu
|
Tes lisan, presentasi
|
§
Tentukan na’at dan man’ut dalam bacaan
§
Berilah na’at pada kalimat berikut !
|
2.
Instrumen
penilaian
أ)
عين الإضافة -
النعت و
المنعوت من هذه القراءة
يا معشر الناشئين أنتم شبان اليوم ورجال الغدّ، إن فى
أيدكم أمر الأمة وفى أقدامكم حياتها. لذًا يجب ان يهتم الوالد بتربية المراهقين
والمراهقة ويزودهم بالعلوم النافعة و يأمرهم بالأعمال الصالحة والأخلاق الكريمة. ويجب
على المراهقين والمراهقات أن يملكوا امالا رفيعةً فى مستقبل الحياة، منهم من يريد
أن يكون طبيبا ليعالج المرضى فى المشتشفيات و منهم
من يتمنى أن يكون مهندسا ليبنى
البيوت والعمارات والمدارس والأسواق و الشوارع والجسور.
الأجوبات :
الإضافة
|
النعت والمنعوت
|
||
معشر الناشئين
|
مستقبل الحياة
|
بالعلوم النا فعة
|
الأخلاق الكريمة
|
شبان اليوم ورجال
الغدّ
|
ليعالج المرضى
|
بالأعمال الصالحة
|
امالا رفيعةً
|
بتربية المراهقين
|
ب) ترجم الى
اللغة العربية !
1.
Susi
ingin menjadi pedagang yang kaya
2.
Saya
datang untuk menemui dokter gigi
الاجوبات
1. سوسى تريد ان تكون تاجرا غانيا
2. أقدم لزيارة طبيب الأسنان
Mengetahui
Guru
Pamong
Rita
Ratnawati, S.Pd.I
NIP.
197507172007102008
|
Tulungagung,
13 Oktober 2014
Guru
PPL Bahasa Arab
Tamami
NIM :
201180010142
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar